Hiperrealitas dalam Bisnis Magis di Rusia

IMG_1644.JPG

Salah satu produk budaya populer yang saat ini sangat digemari oleh masayarakat Rusia adalah servis magis. Magis berarti apa yang tertutup atau tersembunyi. Istilah ini berlaku untuk berbagai macam doktrin dan praktik yaitu sistem kepercayaan seperti teosofi dan antroposofi untuk sihir, berbagai praktik peramalan (astrologi, telapak tangan, kartu tarot), mantra,kisah para spiritualis sampai ritual liar dari sekte  tertentu.

Munculnya tren bisnis ini disebabkan oleh  permintaan masyarakat pada servis magis begitu tinggi. Kecenderungan  ini menginspirasi pemodal untuk membuat reality show berjudul  Bitva Ekstrasensov yang akhirnya mendorong masyarakat rusia menjadi semakin konsumtif pada produk jasa magis.  Bitva Ekstrasensov  mulai mengudara sejak  2007 hingga sekarang.  Bitva Ekstrasensov adalah acara yang  melibatkan berbagai orang yang memiliki kemampuan supernatural. Pesertanya akan mengikuti seleksi persiapan dan yang terbaik akan mendapatkan kesempatan untuk memperjuangkan hadiah utama dan mendapatkan gelar cenayang terbaik. Jika kegemaran masyarakat Rusia terhadap acara ini dikaitkan dengan ciri-ciri pascamodern maka fenomena  ini merupakan ciri sebuah dunia simulasi. Masyarakat Rusia tidak dapat menyadari mana yang nyata dan mana yang rekayasa.  Bukan realitas yang menjadi cermin kenyataan, melainkan model-model yang ditawarkan televisi. Acara Bitva Extrasensov  menjadi bagian realitas yang dijalani oleh masyarakat Rusia saat ini. Populernya acara bitva ekstranov juga menjadi salah satu alasan mengapa mantra evil eye menjadi begitu diminati masyarakat Rusia. Mantra ini dipercayai dapat mengembalikan suami yang telah meninggalkan istri, membawa kembali suami atau istri yang tidak patuh, menyingkirkan kutukan, dan meningkatkan ekonomi para pelanggannya. Pada kasus ini, peminatan akan mantra mata iblis merupakan bentuk hiperrealitas yang dialami masyarakat modern. Masyarakat Rusia merasakan sesuatu di luar realitas dan akhirnya mereka kehilangan hidup yang sebenarnya. Mereka percaya apa yang ditayangkan di televisi adalah sesuatu yang nyata dan bisa direalisasikan di kehidupan nyata. Mereka benar-benar datang ke cenayang untuk menyelesaikan permasalah rumah tangga. Menurut Organisasi Polling Sreda pada tahun 2013,  63%  masyarakat Rusia percaya pada astrologi, peramal, dan konsep evil eye.

Tren magis di Rusia merupakan tanda bahwa manusia pascamodern di Rusia mengalami krisis. Mereka bingung dan tidak merasa nyaman dengan kehidupan modern yang penuh dengan tekanan akibat kapitalisme. Oleh karena itu, mereka mencari jalan untuk menyamankan diri dengan cara mencari hiburan seperti pergi ke canyang. Melalui hiburan mereka tenggelam pada hipperealitas dan dunia simulasi yang lebih menyenangkan dibandingkan dunia nyata.

Daftar Acuan:
Bennerts, M.(2014).Sixth Sense: Why Business is Booming for Russia’s Psychics. [Online]Tersedia:http://calvertjournal.com/articles/show/3439/why-business-is-booming-for-russias-psychics [12 april 2017]

Felluga, D. “Modules on Baudrillard: On Simulation.” Introductory Guide to Critical Theory.[Online]Tersedia:https://www.cla.purdue.edu/english/theory/postmodernism/modules/baudlldsimulTnmainframe.html [8 Mei 2017]

Theimer,c.(2007). Psychic Description. .[Online]Tersedia http://www.fb06.uni-mainz.de/russisch/Dateien/description.pdf [12 April 2017 ]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s